Minggu, 12 Februari 2012

Microsoft: Bagaimana cara melakukan partisi ulang tanpa menghancurkan data?

Kami menerima panggilan: Sistem diinstal di mesin saya. Akan tetapi hanya ada satu partisi. Saya tidak ingin menginstal ulang sistem ke partisi ulang. Apakah memungkinkan untuk membuat partisi lainnya?

Masalah ini mungkin mengganggu banyak pengguna. Secara umum, beberapa piranti lunak pihak ketiga dapat menyediakan fitur seperti itu. Akan tetapi, kini Windows Vista/Windows 7 memungkinkan Anda untuk membuat tingkat penyetelan tertentu terhadap ukuran partisi saat ini.

Mari kita periksa Caranya:

Persiapan

Persyaratan penting pada operasi ini adalah bahwa sistem berkas Anda harus NTFS. Sistem berkas FAT32 tidak dapat digunakan.

Klik kanan kandar -> Properti -> pada tab Umum -> Sistem Berkas akan menampilkan sistem berkas.


Apabila ini merupakan sistem FAT32, maka sistem ini dapat dikonversi ke NTFS.(Peringatan: Mengkonversi ke NTFS dapat memunculkan beberapa masalah. Misalnya, apabila terdapat dua sistem yang diinstal di komputer, dan salah satunya merupakan sistem yang lebih lama seperti Windows 98 atau Windows ME, maka sistem yang lebih lama tidak akan dapat mengenali huruf kandar NTFS.)
  1. Mulai -> Dalam Mulai Pencarian, ketik cmd, -> kemudian klik kanan cmd dalam daftar hasil di bagian atas - >Klik Jalankan sebagai administrator.
    UAC
    Apabila Anda melihat pesan yang mengatakan Windows memerlukan izin Anda untuk melanjutkan, jangan terkejut. Klik lanjutkan untuk mengkonfirmasi.
  2. Ketik perintah berikut ini, kemudian tekan Enter untuk menjalankannya (x menunjukkan huruf kandar Anda, dan harus diganti dengan huruf kandar khusus Anda).
    convert x: /fs:ntfs
  3. Tunggu selama beberapa menit, dan jangan menutup jendela hingga Anda melihat pesan konfirmasi.

Memulai Operasi

Potong bagian partisi saat ini agar menjadi yang baru

  1. Mulai -> Klik kanan Komputer -> Kelola.
    Perbesar gambar ini
  2. Temukan Manajemen Cakram di bawah Simpan di sebelah kiri, kemudian klik untuk memilih Manajemen Cakram.
  3. Klik kanan partisi yang ingin ingin dipotong, kemudian pilih Susutkan Volume.
  4. Sesuaikan ukuran di sebelah kanan Masukkan besarnya ruang yang akan disusutkan. Nilai merupakan nilai maksimum yang diizinkan secara asali, kemudian tekan Susutkan. (Berapa pun ruang bebas yang tersisa, ruang yang dibebaskan tidak akan melebihi separuh ukuran partisi saat ini.)
  5. Anda akan melihat bagian dari ruang yang telah dibebaskan. Kemudian Anda dapat membuat partisi baru pada ruang ini.
  6. Klik kanan ruang kosong -> Volume Sederhana Baru.

Tambahkan ruang yang tidak didistribusikan ke partisi saat ini

Berikut ini merupakan tips lain untuk Anda - apabila terdapat ruang yang belum ditentukan tepat di belakang huruf kandar dalam Manajer Cakram, maka ruang ini dapat digabungkan ke dalam huruf kandar tersebut:
  1. Klik kanan partisi yang ingin diperluas (partisi ini harus memiliki ruang yang belum ditentukan yang lokasinya tepat setelahnya), kemudian tekan Perluas Volume.
  2. Sesuaikan ukuran untuk Memilih besarnya ruang. Nilainya adalah nilai maksimum yang diizinkan secara asali.
     
     
     informasi ini didapat dari : support.microsoft.com/dmz
     

0 komentar:

Get a free account @dmzismu.com